Menikmati Kuliner Bali di Seminyak

Mengakhiri tahun dengan melihat keramaian tingkat internasional? Pantai Seminyak Bali adalah jawaban untuk Anda. Salah satu titik perayaan Tahun Baru yang paling terkenal di Indonesia ini memang tiada duanya. Bahkan Pantai Seminyak memiliki rumor sebagai pantai terbaik se-Asia Pasifik untuk melewatkan tahun baru. Namun bukan tempat wisata terbaik namanya kalau hanya menarik dikunjungi pada event tertentu.

sumber foto: marriott.com


Seperti pantai-pantai lainnya di Bali, Pantai Seminyak memiliki pemandangan yang khas. Sunset, turis, aktifitas hiburan, dan lain-lainnya yang ramai. Banyak fasilitas bertaraf internasional yang Anda temui. Hanya lima menit berjalan dari pantai, Anda bisa menemukan Courtyard Seminyak dan hotel lainnya di Bali. Hotel tersebut rata-rata menawarkan kolam renang outdooryang cantik, pusat kebugaran, spa, resto, serta akomodasi lainnya.

Meskipun Anda merasa puas dengan wisata pantai, rasanya belum lengkap jika Anda melewatkan kuliner Bali. Tentu beberapa makanan khas Bali seperti ayam betutu atau sate lilit sudah tak asing lagi bagi Anda.

sumber foto: asiaworldindonesia.com

Dari makanan jalanan hingga kelas mewah, kuliner khas Bali selalu diburu wisatawan yang tak pernah sepi. Tempat-tempat kuliner di Bali biasanya hadir dengan suasana yang menawandi kelasnya dan selalu hidup selama 24 jam. Para turis tak perlu khawatir saat  merasa lapar di tengah malam atau merasa suntuk dan sekedar ingin berjalan-jalan mencari makanan ringan hingga berat. Dari Courtyard Seminyak, Anda bisa dengan mudah menemukan aneka kuliner Bali tersebut.

Ayam Betutu


Betutu adalah lauk khas Bali yang terbuat dari ayam atau bebek utuh. Biasanya, bahan utama betutu adalah ayam atau bebek kampung yang memiliki rasa lebih nikmat.Sejumlah rempah-rempah akan dibuat menjadi bumbu khas dicampur dengan cabai. Bumbu tersebut lalu dimasukkan dalam perut ayam atau bebek dan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Cara memasakanya adalah dengan cara dipanggang dalam apisekam hingga 24 jam untuk menghasilkan rasa yang gurih, pedas, sekaligus lembut.

sumber foto: budaya-indonesia.org
Sudah tentu, cita rasa betutu yang khasakan membuat pecinta makanan pedas ketagihan. Kuliner ini sudah menjadi salah satu ikon masakan khas Bali. Banyak keluarga di seluruh Indonesia yang sudah mengenalnya dan berhasil memasaknya untuk disantap di kala lapar di rumah.

Sate Lilit


Kalau memakan aneka sate dari berbagai jenis daging yang ditusuk-tusuk tentu sangat biasa. Namun, sate khas Bali ini dibuat dengan cara melilitkan dagingnya. Media lilitannya juga tidak biasa. Sate lilit menggunakan batang serai yang menghasilkan rasa dan aroma yang berbeda. Sebelum dililit di batangnya, daging bahan sate dicincang halus terlebih dahulu dan dicampur dengan bumbu tertentu.

sumber foto: ensiklopediaindonesia.com

Meskipun aneka daging seperti ayam, babi, ataupun ikan tengiri bisa dipilih sebagai bahan sate lilit, namun daging ikan tengirijustru yang paling sering ditemui di Bali. Jika Anda ketagihan rasanya, Anda bisa segera berburu resepnya dan mencoba memasaknya di rumah.

Lawar Kuwir


Lawar adalah makanan khas Bali lainnya yang merupakan campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang diramu khusus dengan parutan kelapa dan bumbu-bumbu tertentu. Pada umumnya, daging yang digunakan sebagai campuran adalah daging babi. Namun daging bebek entog (kuwir) telah menjadi campuran daging alternatif yang bisa ditemukan di Bali.

sumber foto: katalogkuliner.com
Lawar Kuwir sungguh nikmat disantap dengan nasi putih hangat. Apalagi jika Anda menyandingnya dengan sate lilit tengiri, kacang tanah, suwiran ayam betutu, dan semangkok jukut ares (sayur batang pisang).

Hanya itu saja? Tentu tidak. Masih banyak lagi seperti Nasi Campur Ayam Bali, Rujak Kuah Pindang, Serombotan, Tipat Blayag, Nasi Jinggo, dan lain sebagainya yang dengan mudah Anda temukan di jalan pantai Seminyak.

Jika Anda menginginkan makanan tersebut disajikan di resto yang mahal, Anda bisa mengunjungi beberapa restoran bertaraf internasional seperti Kultur. Namun jika Anda memilliki persoalan dengan lidah yang tidak terbiasa memakan makanan asing, Anda bisa menemukan banyak restauran yang menyajikan masakan komplit cita rasa Indonesia seperti Bambu Restaurant. Anda bisa memilih menu makanan Indonesia yang sudah biasa dimakan.

Masih galau dengan jenis makanan yang ada dan ingin mencicipi makanan dengan cita rasa bule? Anda tak perlu khawatir karena banyak sekali resto-resto bertebaran di Seminyak. Bahkan, hotel Courtyard Seminyak siap hadir menyambut Anda di Seminyak Kitchen dengan sajian ala Asia, Eropa, dan Barat.

4 Comments

  1. Mr. Robin

    September 16, 2016 at 6:31 am

    Rate compares what a way to find what need to stay warm and safe in a new town .There is something affordable hotel comparison sites for every budget and in seconds. Give look u will be happy…. He was able to set me up with a rush service of process very quickly and professionally…They were helpful, professional, and most importantly, effective.hotel reservation sites

  2. Martius tius

    September 21, 2016 at 8:35 am

    Wahhh jadi baper, eh laper maksudnya

  3. Kevin Duke

    April 4, 2017 at 10:00 am

    Well, it’s a nice one, I have been looking for. Thanks for sharing such informative stuff.Maryland Plumbing Company

  4. Alex John

    April 5, 2017 at 10:00 am

    This is surely a very good blog, thanks a lot for sharing such nice information here. Mark Hurd

Leave a Reply