Manusia itu Beragam - winonarianur.com
Daily Thoughts

Manusia itu Beragam

#dearwinona

manusia itu beragam.

awalnya semua akan tampak sama – ucapan dan perbuatan mereka terasa menenangkan dan menyenangkan. namun seiring berjalannya waktu, kau akan bertemu dengan masalah yang bermacam-macam wujudnya. kau akan jatuh, tersungkur, terdiam, tak tau harus bagaimana. kepalamu akan riuh dengan asumsi, hatimu akan gusar digoncang ekspektasi.

dari sana, kau akan tahu bahwa manusia ternyata berbeda-beda. ada yang bersedia mendengarkan, ada yang hanya ingin sekedar tahu masalahmu. ada yang benar ingin menolong, ada pula yang berhitung perkara untung rugi denganmu. ada yang kalau marah kata-katanya berubah tajam, ada juga yang tiba-tiba hilang lalu pergi. memang, ada-ada saja.

semakin dewasa kau makin paham, bahwa manusia bisa saling menyakiti tanpa sadar. kau pun mengerti bahwa setiap hubungan ada kadaluarsanya; pertemanan, percintaan, pekerjaan, apapun itu. karenanya kau kerap dirundung sedih sebab mempertanyakan apa, siapa, dan kenapa.

manusia dan hakikatnya sebagai makhluk sosial. bertemu, berpisah. saling melempar janji, namun tak semua mampu menepati. sering berkata-kata, tapi minim pembuktian. lebih doyan mencari pembenaran ketimbang menjadi kebenaran.

bingung? tak apa. kelak saat dewasa kau akan maklum bahwa manusia lain juga sama bingungnya. mungkin butuh waktu lama untuk bisa percaya ke manusia lain, tak apa. berhati-hati boleh, apalagi urusan hati. untuk itu ingatkan dirimu bahwa tak ada yang bisa menyayangi, mencintai, dan memberikan rasa aman terbaik selain Tuhan dan dirimu sendiri.

#dearwinona, manusia itu beragam, jangan melulu kau samakan dengan dirimu ya..

 


 

Tulisan ini dibuat di ruang privacy untuk menenangkan diri sendiri. Tapi daripada dipendam sendirian, mungkin ada baiknya dipindah ke platform yang lebih terbuka. Semoga juga bisa menenangkan kalian yang sedang kebingungan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *