Daily Thoughts

Hello, Stranger

Kapan terakhir kamu berada dalam kerumunan orang asing? Aku terakhir ngemall tgl 20 Maret 2020, inget banget karena hari itu sekalian ngisi sesi cuap cuap di event kantor. 5 hari kemudian resmi WFH hingga hari ini (meski dengan kebijakan boleh WFO maks semingu 2 kali). Lepas itu paling mentok ke supermarket atau ke pasar untuk beli kebutuhan sehari-hari. Sisanya bener-bener cuma rumah dan kantor. Somehow, ternyata kangen juga sama strangers

Nggak ngapa-ngapain sih, ngajak kenalan juga enggak, buka obrolan juga enggak, cuma kayak kangen aja merasakan kehadiran orang asing sliweran di sekitar. Mungkin sesekali curi dengar obrolan keluarga kecil di meja seberang saat di restoran cepat saji. Atau amaze dengan outfit so called anak indie dengan produk lokal from head to toenya. Ngintip judul buku yang menenggelamkan pikiran mas-mas berkacamata. Gerutu kecil para pramusaji kala apes mendapati customer yang banyak maunya. Jokes receh khas bapak-bapak, dari kalangan tukang ojek hingga business owner. Kangen juga ngeliatin mbak-mbak selfie dengan pose jungkir balik.

Tbh, as an introvert yang lebih nyaman di grup kecil, keberadaan strangers baru terasa saat mesti di rumah aja. Kirain bakal betah banget di rumah, tapi kangen juga ngemil donat dan kopi sambil ngelirik ke luar jendela memperhatikan orang lalu lalang. Berasa udah lamaaa banget nggak denger orang ngobrol dan ketawa haha hihi sebagai white noise sambil fokus madep laptop. Kayak berasa udah seabad juga nggak auto ngejudge orang beradasarkan selera musik dan topik obrolannya (padahal kenal juga enggak).

Ternyata emang bener yang dulu pernah diajarkan guru sosiologi zaman SMA, hakikatnya manusia itu makhluk sosial. Seintrovert-introvertnya, sebodoamat sama dunia luar, kita tetep aja butuh keberadaan orang lain. The existence. Lucu sih aku ngerasanya.. Mungkin yang udah kenal aku, pada paham kalau aku gak nyaman berada di grup besar – ketemu banyak orang itu menguras energi banget. Tapi ujung-ujungnya nggak ketemu orang pun bikin uring-uringan. Lol, dasar manusiaaaaaa..

Aslli ini tulisan random banget, kamu juga ngerasa gini nggak sih? How do you cope with this?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *