• winonarianur.com - seize the moment
    Daily Thoughts,  Traveling

    Seize the Moment

    “Sunset terbaikku ada di Lombok,” ucap saya dengan mata berbinar-binar sementara ingatan ini terlempar jauh ke Pantai Senggigi pukul 6 sore pada bulan Januari 2017 lalu. Meski sebenarnya saya sedang duduk di restoran makanan cepat saji di Surabaya, namun debur ombak saling bersahutan dengan kilau emas matahari yang mewarnai air laut dari garis horizon terasa nyata dalam pikiran. Majestic. “Nanti kalau kamu sampai di Lombok, kirimkan satu foto senja buatku, ya,” pinta saya pada seorang teman yang sedang asik mengunyah sepotong ayam di seberang meja. “Buat apa?” tanyanya tanpa menoleh. “Buat dikenang. Situ kan fotografer,” jawab saya. Ia akan menginjakkan kaki di Lombok dalam hitungan minggu. Akhirnya setelah saya ceritakan tentang keindahan…

  • winonarianur.com - kepiting asap samarinda
    Daily Thoughts,  Traveling

    Menepi Sebentar Ke Kota Tepian

    Tepat seminggu lalu, kaki saya masih menapaki tanah merah khas pulau Kalimantan. Pagi sebelumnya, nasi kuning samarinda menjadi menu sarapan saya. Wangi cempedak masih lekat membaui hidung ini. Ponton bermuatan batu bara tetap berlalulalang di sungai Mahakam. Logat banjar dan Dayak meramaikan tiap percakapan yang saya dengar. Samarinda, akhirnya saya datang lagi. Tidak pernah terasa mudah untuk kembali ke kota ini. Ada begitu banyak kenangan dan cerita masa kecil yang tertinggal di kota tepian. Kelahiran dan kematian. Keberhasilan dan kegagalan. Semua melebur jadi satu dan menguar tiap saya kembali. Rasanya rindu tapi enggan. Seperti pulang tapi tak ingin berlama-lama. Aneh, tapi menyenangkan. Ada tiga alasan kenapa saya ke Samarinda. Pertama,…

  • winonarianur.com - unlove
    Daily Thoughts

    Unlove

    I’m not really good at this, tapi mari bicara soal perasaan. Saya suka gemas dengan orang-orang yang mengartikan benci sebagai kebalikan dari cinta. No, it’s different thing. Ketika kita tak lagi mencintai atau dicintai, benci bukanlah perasaan yang pas untuk mengisi kekosongan tersebut. Kesal, jengkel, marah, itu wajar karena merupakan reaksi kehilangan. Ketika stress, bagian otak kita yang bernama amygdala akan aktif dan melahirkan negative emotions. Anxiety, depressed, sad, etc. Sayangnya kita sering menyalahartikan negative emotions tersebut sebagai kebencian. Guys, those feelings are temporary, trust me. Saya percaya, benci bukan lawan dari cinta. Kebalikan dari cinta adalah tidak peduli. Unlove, kalau saya bilang. Yang biasanya khawatir, berubah jadi acuh. Yang…

  • winonarianur.com - jakarta, lagi
    Daily Thoughts,  Traveling

    Jakarta, lagi

    Urusan pekerjaan membawa saya kembali ke ibukota. Untuk pertama kalinya, kendaraan yang saya tumpangi dari bandara tidak mengarah ke rumah, melainkan ke tengah kota. Sederet gedung perkantoran menyambut saya, lengkap dengan kaum urban yang mencari asa di dalamnya. Ada banyak orang, namun hening. Ada sedikit canda, namun banyak harap. Ada lelah, namun tetap saling mengejar. Jakarta, kota ramai yang kesepian.

  • winonarianur.com - posesif
    Daily Thoughts

    Posesif

    Belakangan ini berita tentang Adipati – Vanesha dan Putri Marino – Chicco Jericko lagi booming banget ya di social media. Si Adipati lagi ramai digosipkan cinlok dengan lawan main yang merupakan si Mileanya Dilan sementara si Putri ramai dibicarakan karena berhasil meyakinkan hati Chicco untuk menikahinya setelah pacaran tiga bulan doang. Di tengah ramainya timeline social media tersebut ada saya yang lagi nggak sengaja dengerin lagu Dan-nya Sheila On 7 yang merupakan soundtrack film Posesif. Rasanya langsung kangen banget sama Yudhis-Lala – dua tokoh yang diperankan Adipati dan Putri dalam film tersebut. Yep, saya adalah #TeamYudhisLala. Sejak pertama liat trailer film keluaran Palari Film pada 2017 lalu saya langsung jatuh…

  • Daily Thoughts

    Jadi, Sebenarnya Sampean Asli Mana?

    Saya sering banget dapat pertanyaan tersebut tiap kali order ojek/taksi online. Obrolan yang mengalir antara saya dan driver seringnya berakhir dengan rasa penasaran tentang dari mana saya berasal. Saya tahu, umumnya mereka menyimpan tanya sejak kali pertama saya bicara. Kok nggak medhok ya? Kok logatnya kayak bukan dari sini ya? Sebenarnya nggak cuma sama driver doang sih, tiap kali kenalan dengan orang baru pasti mereka bakal menanyakan hal yang sama. Lalu saya bakal jawab apa? I simply answer it with “dari Indonesia.” Biasanya mereka bakal ketawa, lalu kembali mengajukan pertanyaan yang sama. Di balik fenomena ini sebenarnya saya agak terusik. Ada apa sih dengan gaya bicara saya? Ada apa sih dengan asal saya? Ada apa sih dengan orang-orang…

  • Daily Thoughts

    Menghargai Minoritas

    Akhir-akhir ini Indonesia lagi kacau. Sesak. Terlalu riuh. Menegangkan. Saya yang di Surabaya aja merasa demikian, nggak kebayang gimana rasanya kalau beneran tinggal di Jakarta, tempat di mana semua kegaduhan berasal. Well, saya nggak bakal menulis tentang siapa yang salah dan siapa yang benar. Pula saya tak sedang membandingkan peristiwa belakangan ini dengan kejadian pada ‘98 lalu. Kali ini saya hanya ingin berbagi cerita bagaimana rasanya menjadi minoritas di negeri yang konon menjunjung tinggi toleransi ini. Indonesia yang kita kenal memang terbentuk dari keberagaman yang kompleks. Kalau mau lihat dari sisi baiknya, kita bisa bilang Indonesia ini kaya. Kalau mau lihat dari sisi negatif, masih masuk akal kalau kita bilang…