Uncategorized

Mengenal Ernawati Lilys : Perempuan dengan Banyak Jejak Karya

Ya ampun udah Selasa aja nih, rasanya kemarin masih Minggu dan seharian pakai kebaya kutubaru plus siaga pasang senyum ke tiap lensa kamera yang mengarah ke muka. Ternyata tugas jadi bridesmaid-nya udah kelar dua hari lalu ya. Hiks. Cepat banget waktu berjalan. Kontras sekali dengan kelambatan saya dalam menulis tugas cerpen sci-fi untuk dibukukan bersama teman-teman FLP Surabaya.
Eh, ngomong-ngomong soal FLP, beberapa hari lalu saya baru ngeh kalau di grup arisan link Blogger Perempuan ada beberapa anggota yang ternyata anggota FLP juga. Duh, dunia sempit sekali, ujar saya dalam hati. Tapi setelah dipikir-pikir, sebenarnya bukan dunia yang sempit, tapi circle saya yang emang mbulet di situ-situ aja :)) Oh iya, sesuai kesepakatan dan hasil kocokan, kali ini saya akan mengulas profil seorang perempuan sesama anggota FLP yang luar biasa produktif dalam menulis.
Ernawati Lilys
Namanya Ernawati Lilys. Perempuan yang sudah melahirkan dua bocah laki-laki lucu ini kini menetap di Bogor setelah beberapa tahun merantau di kota Bekasi. Sehari-harinya Mbak Erna adalah ibu rumah tangga yang tak pernah lepas dari pena, kertas, dan draft naskah. Selalu adaaaa aja ide yang ingin ia tuangkan dalam bentuk tulisan, fiksi maupun non fiksi. Bahkan saking sukanya menulis, dulu saat harus menemani sang anak opname di rumah sakit, Mbak Erna sampai turun ke kantin dan beli buku serta pulpen untuk mengusir bosan dengan menulis cerpen. Ckck, hebat bener yaa.. Cerpen lho yang ditulis! Kalau saya mah bosan langsung ambil hape dan buka aplikasi social media lalu scroll, scroll, scroll sampai ketiduran. Nggak pernah kepikiran untuk nulis cerpen di sela-sela waktu, karena bagi saya yang masih baru banget berkecimpung di dunia literasi, menulis itu butuh konsentrasi penuh. Jadi ya mesti duduk tenang menghadap laptop di lingkungan yang tak bising. Gini nih bedanya penulis pemula dan penulis yang sudah menghasilkan begitu banyak karya.
Saya suka bingung euy sama penulis yang bisa produktif sekali melahirkan naskah bagus seperti Mbak Erna. Bagi waktu, konsentrasi, dan tetap komitmen menulisnya itu lhooo yang belum bisa saya kuasai sampai sekarang. Bayangin deh, dalam satu tahun Mbak Erna bisa menerbitkan beberapa buku sekaligus di penerbit major sementara saya setahun sekali nerbitin buku di secara self publish aja udah syukur banget. Mbak Erna itu kondisinya sedang membesarkan dua anak kecil yang masih aktif lho, jauh beda sama saya yang masih jomblo dan belum ada tanggungan ini :)) Duh, Mbak Erna, angkat saya jadi murid Mbak Erna dong hahahaha.
Saking kagumnya saya sampai ngegosipin Mbak Erna sama salah seorang teman FLP Surabaya.
“Mas, masa aku ikutan Blogger Perempuan ujung-ujungnya ketemu anggota FLP juga.”
“Lho, ya bagus dong.. Kamu bisa makin semangat nulis”
“Tapi yang ini udah expert banget, Mas! Udah pernah ngisi acara sepanggung sama Bu Pipiet Senja!”
“APWAAAAAHHH?? Siapaaaaaa?”
Hahaha. Tuh kan, bukan saya doang yang kagum.
  
Beberapa Karya Ernawati Lilys

Itu baru soal nulis buku. Gimana soal blognya? Hmm, silakan langsung cek di www.ernawatililys.com aja deh. Nantinya kita akan disambut oleh tampilan blog yang super hijau. Saya suka tuh yang ijo-ijo (eh, kesannya jadi mata duitan gini ya). Mbak Erna sendiri ngeblog sejak masih belia lho, jauh sebelum netizen ramai membuat blog dan menjadikannya profesi seperti sekarang ini. makanya nggak heran kalau achievement-nya di dunia blog sudah banyak banget. Mbak Erna sendiri sudah menyediakan empat rubrik utama bagi pembacanya, yaitu Review, Jejak Karya, Parenting, dan Lomba Blog. Kita jadi lebih mudah kepoin Mbak Erna lewat empat kolom tersebut. Saya tadi sempat berkunjung ke page berjudul Portofolio dan cengo sendiri membaca bwanyaaaak sekali pencapaian yang sudah berhasil Mbak Erna raih hingga saat ini. Saya sampai ngomong dalam hati, “Ini list kapan habisnya ya kok di-scroll dari tadi nggak hatam juga.” 😀 😀 😀 Oh iya, saat ini Mbak Erna juga sedang merintis sebuah online shop yang menjual beragam kebutuhan rumah tangga di www.tokofmily.com. Jadi buat emak-emak yang mulai jarang ngemall karena mesti ngemong anak, bisa tuh ngelirik tokonya Mbak Erna. Dirayu-dayu dikit deh Mbak Ernanya, siapa tahu bisa dapat potongan harga atau freeongkir. Mayaaaann~

Segini dulu ulasan saya soal Mbak Erna. Bukannya nggak pengin nulis panjang lebar soal perempuan lulusan Sastra Jepang ini, tapi makin saya telusuri blognya kok malah makin saya minder ya huhu. Mana tugas cerpen dari FLP Surabaya belum saya garap padahal deadline-nya empat hari lagi 🙁 Pokoknya kalau mau kepoin Mbak Erna bisa langsung ke Blog-nya di www.ernawatililys.com, Twitter-nya di @nenglisojung, Facebook-nya di Ernawati Lilysatau Instagram-nya di @ernawatililys. Mbak Erna ini baik beudz kok, jadi kalau mau tanya-tanya soal dunia kepenulisan insyaallah dijawab. Asal nggak rese aja 😀

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *