Uncategorized

Mengenal Muna Sungkar : Perempuan Hebat di Balik momtraveler.com

Hai, halo!
Di kesempatan kali ini saya akan menceritakan sesuatu yang berbeda. Bukan lagi soal review seputar produk elektronik, cerpen fiksi, atau curhatan terselubung, melainkan tentang sesosok wanita yang menginspirasi. Nah lho, ngomongin orang ternyata. Ya namanya juga perempuan, cyiin *keluar deh kebiasaan ngegosipnya* Eh, ngomonginnya nggak dibelakang orangnya lho, tapi di depannya terang-terangan.
Jadi, sekitar sebulan lalu saya gabung ke Blogger Perempuan, sebuah komunitas blogger khusus perempuan terbesar di indonesia. Anak bawang banget saya mah kalau di komunitas ini. Tiap lihat blogger yang aktif share link dan lihat kolom komentarnya yang ramai, saya langsung mengkeret :)) Ya habis daku baru banget nyoba ngeblog yang bener. Nah, di bulan Maret ini BP mengadakan sebuah perhelatan besar nan bombastis bernama Arisan Link. Tujuan utamanya adalah untuk saling mempererat pertemanan dan persaudaraan di dunia blogger. Saya kebetulan masuk ke kelompok 3. Di kelompok ini saya cuma kenal satu orang doang. Bener-bener kayak anak ilang nggak tahu siapa-siapa. Trus di pengocokan pertama kemarin nama yang keluar adalah Mbak Muna Sungkar. Alhasil sekarang saya akan bercerita tentang seorang perempuan yang menasbihkan dirinya sebagai momtraveler.
Siapa sih Muna Sungkar? Siapanya Shireen Sungkar? Apakah tinggalnya di dalam sangkar? Makanan kesukannya adalah pisang sanggar?
Muna Sungkar


Muna Sungkar adalah seorang perempuan hebat pemilik momtraveler.com. Dari blognya aja udah kelihatan banget kalau Mbak Muna ini adalah ibu-ibu yang … punya bisnis travel *ditoyor ybs* Salah ding, maksudnya seorang ibu yang suka berpetualang mendaki gunung lewati lembah. Kegemarannya adalah mendatangi tempat-tempat menarik di Indonesia, mencicipi makanan khas tiap daerah yang berhasil ia singgahi, dan mengabadikannya dalam bentuk tulisan serta foto.
Perempuan keturunan Aceh-Arab yang mengaku masih punya hubungan persaudaraan dengan Shireen Sungkar ini sehari-hari berprofesi sebagai dosen di Universitas Islam Sultan Agung Semarang (UNISSULA). Ketebak dong mbak muna ini sekarang tinggal di mana? Yap, betul! Di kota khas lumpia, Semarang. Perempuan berparas ayu ini juga adalah ibu dari seorang anak perempuan cutebernama Nadia. Karena sejak kecil Nadia sering dibawa jalan-jalan ke alam terbuka, maka nggak heran kalau gadis cilik ini juga memiliki jiwa traveler seperti orang tuanya. Bisa ngebayangin nggak gimana serunya keluarga kecil Mbak Muna ini? Hampir tiap minggu mereka melakukan aktivitas outdoor bertiga, mulai dari camping di hutan, mendaki ke puncak-puncak gunung Indonesia, hingga berlarian mengejar ombak di pantai. Pasti akrab, raket, dan kompak. Gemesin!
Muna Sungkar – momtraveler

Mbak Muna sendiri mulai ngeblog di momtraveler sejak awal tahun 2014. Dalam waktu dua tahun saja ia sudah mampu menghiasi diary digitalnya tersebut dengan beragam kisah wisata yang menginspirasi. Lokasi yang dituju pun tak melulu jauh, seringnya yang masih mudah dijangkau dan tidak menghabiskan budget terlalu besar. Artikel yang ditulis juga beragam, mulai dari cara buat itinerary, tips traveling di musim hujan, pilihan kuliner yang menggugah selera, review hotel, hingga cara berburu tiket murah. Bahkan buat ibu-ibu yang suka bingung bagaimana cara asik berlibur bersama anak, Mbak Muna menghadirkan beberapa jawaban di Traveling With Children. Isinya jelas diambil dari pengalaman pribadi Mbak Muna sendiri, jadi dijamin ampuh dan sukses! Kalau enggak, 100% uang kembali. Nah, jadi, buat yang suka backpacker-an dan nyari referensi liburan murah meriah, sila kepoin blognya Mbak Muna. Saya yakin kalian pasti bakal bingung sendiri karena mbak muna memberikan banyak banget referensi. Apalagi ketika baca artikel seputar kuliner, beuh… bawaannya langsung pengin mecahin celengan dan cari tanggal libur!
Oh iya, perempuan pecinta kucing ini tidak hanya aktif menulis di blog lho, tapi juga menulis dan menerbitkan buku traveling. Beberapa hasil karyanya bisa kamu lihat di sini. 3 Emak Gaul Keliling Kota terbitan Bhuana Ilmu Populer dan Jelajah Ujung Barat Indonesia Banda Aceh Sabang terbitan Elex Media Komputindo bahkan bisa ditemui di toko buku major seperti Gramedia. Buruan gih, beli. Lumayan untuk memperkaya khazanah tempat wisata Indonesia. Bisa jadi buku-buku tersebut tidak hanya mampu memacu kita untuk lebih jauh menjelajahi bumi, namun juga menginspirasi kita untuk ikut menulis buku tentang keindahan ciptaan Tuhan ini.
Buku Karya Muna Sungkar

Nah, gimana, udah ngefans sama mbak muna, belum? Kalau sudah, selamat! Berarti kamu sudah termakan racun jalan-jalan yang sudah Mbak Muna racik. Jika belum, silakan berkunjung ke Facebook dan Instagram Bu Dosen ini. Follow juga blognya di momtraveler.com. Ramaikan kolom komentarnya. Pokoknya baik-baik deh sama Mbak Muna, jangan macem-macem, nanti dikasih nilai E dan jadi mahasiswa abadi lho!

13 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *