Memanusiakan Manusia,  Senandika

Unlove

I’m not really good at this, tapi mari bicara soal perasaan. Saya suka gemas dengan orang-orang yang mengartikan benci sebagai kebalikan dari cinta. No, it’s different thing. Ketika kita tak lagi mencintai atau dicintai, benci bukanlah perasaan yang pas untuk mengisi kekosongan tersebut. Kesal, jengkel, marah, itu wajar karena merupakan reaksi kehilangan. Ketika stress, bagian otak kita yang bernama amygdala akan aktif dan melahirkan negative emotions. Anxiety, depressed, sad, etc. Sayangnya kita sering menyalahartikan negative emotions tersebut sebagai kebencian. Guys, those feelings are temporary, trust me.

Saya percaya, benci bukan lawan dari cinta. Kebalikan dari cinta adalah tidak peduli. Unlove, kalau saya bilang. Yang biasanya khawatir, berubah jadi acuh. Yang biasanya berusaha memastikan semua baik-baik saja, berubah cuek. Yang biasanya ikut senang, berubah tak peduli. Yang biasanya deg-degan, berubah mati rasa. Memang, proses menuju unlove ini akan dihiasi oleh gelisah dan marah. Dari kekecewaan itulah kita belajar untuk berdamai dan menerima fakta bahwa they’re no longer yours to love.

Gila, bijak banget nih, Win? Ho oh, lagi kesambet nih.

Makin dewasa dan makin tua (plus makin sering kepentok juga) saya akhirnya paham bahwa hidup adalah soal ikhlas melepaskan apa yang bukan milik kita. Setiap hal punya masanya sendiri. Ketika udah time out, ya pilihannya cuma dua; mau meninggalkan atau jadi yang ditinggalkan. Meski kata The Script, there’s no good in goodbye, sebagai manusia kita harus terus berlatih untuk siap melepaskan – kapan pun itu.

Cinta emang suka gitu, datang tiba-tiba dan pergi tiba-tiba juga. Kita jadi geram dan kerap berandai-andai mampu mempermainkan waktu. Sebab rasa-rasanya menumbuhkan love tak selama dan serumit menemukan unlove. Apa memang, manusia selalu terburu-buru menaruh kagum dan harap, hingga melepaskan dan berdamai dengan keadaan selalu terasa menyiksa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *